Perkuliahan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lebih dalam tentang prinsip-prinsip dasar PLH yang berhubungan dengan konsep dasar PLH, Peran PLH untuk mengantisipasi masalah LH, PLH dalam Pendidikan, Model KBM PLH, melalui pemahaman teori maupun praktik sederhana sebagai pendalaman wawasan pengetahuan IPA yang telah diberikan sebelumnya.

Mata kuliah Pengembangan Pembelajaran IPS SD diberikan pada mahasiswa semester 5 dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini mencakup materi tentang pembelajaran IPS SD; Hakekat pengembangan pembelajaran IPS SD; Pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran IPS SD;  merancang model-model pembelajaran IPS SD;  Sumber pembelajaran; evaluasi pembelajaran IPS SD;  dan mngembangkan media pembelajaran IPS SD.

Mata kuliah ini ditujukan untuk membekali mahasiswa dalam mengaplikasikan pembelajaran IPS di SD yang meliputi hakikat pembelajaran IPS, dimensi pembelajaran IPS, dan penerapan model-model pembelajaran dalam pembelajaran IPS SD.

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mempunyai pengetahuan dan pemahaman tentang konsep dasar statistika yang banyak digunakan dalam praktek dan penggunaan software berbasis statistik untuk penelitian serta penerapan dalam dunia pendidikan. Mata kuliah ini mencakup: Pengertian Statistik dan Statistika; Penyajian Data; Ukuran Tendensi Sentral dan Letak; Ukuran Dispersi; Ukuran Kemiringan; Ukuran Keruncingan; Teknik Pengambilan Sampel; Uji Normalitas dan Homogenitas; Pengujian Hipotesis: Uji Rata-rata, Proporsi, Analisis Regresi Linear Sederhana, Korelasi, Analisis Varians Satu Arah; Pemakaian Software.

SILABUSPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (CIVIC EDUCATION)

 

Program Studi                       : S1 PGSD

Kode Mata Kuliah                :  -

Nama Mata Kuliah               : Pendidikan Kewarganegaraan/PKn (Civic Education)

Jumlah SKS                           : 2 SKS

Semester                                 : 2 (dua)

 

A. DESKRIPSI SINGKAT :

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan pendidikan yang wajib diberikan di semua jenjang pendidikan termasuk di jenjang perguruan tinggi sebagaimana tertuang baik di dalam UU No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional maupun UU baru yaitu dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi dilakukan atas dasar Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 267/Dikti/Kep/2000 tentang Penyempurnaan Kurikulum Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Terakhir diperbaharui dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 43/Dikti/2006 tentang Rambu-rambu Pelaksanaan Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Tujuan umum dari Pendidikan Kewarganegaraan pada dasarnya adalah bagaimana menjadikan warga negara yang baik dan cerdas (smart and good citizen) yang mampu mendukung bangsa dan negara. Selain itu, mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan ini dirancang sejalan dengan pemikiran akademis bahwa yang namanya Pendidikan Kewarganegaraan harus mengandung nilai-nilai dasar sebagai prasyarat kehidupan bersama yang dicita-citakan (great ought). Selain itu, Pendidikan Kewarganegaraan juga harus menganut pendekatan berbasis nilai (value based approach).

 

B. KOMPETENSI DASAR:

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mengerti dan dapat menjelaskan tentang konsep kewarganegaraan secara menyeluruh sehingga menjadi ilmuwan yang profesional yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air (nasionalis), demokratis berkeadaban, menjadi warga negara yang memiliki daya saing, berdisiplin dan berpartisipasi aktif dalam membangun kehidupan yang damai berdasarkan sistem nilai Pancasila. Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi mengemban misi sebagai pendidikan nilai kepribadian, pendidikan yang membekali pemahaman tentang pendidikan nilai (value education), hubungan antara warga negara dengan negara (civics), pendidikan politik (political education) atau demokrasi, Pendidikan hukum (law education), pendidikan bela negara atau pendidikan cinta tanah air (nasionalisme education), dan nilai-nilai pilar kebangsaan Indonesia.

 

Kompetensi Dasar

Indikator

Pengalaman Pembelajaran

Materi Ajar

Waktu

Alat/bahan/

Sumber Belajar

Penilaian

  1. Menjelaskan secara kritis dan objektif latar belakang dan tujuan pembelajaran PKn di PT
  2. Meyakini nilai –nilai Pancasila sebagai orientasi PKn agar menjadi pedoman berkarya lulusan PT

Mahasiswa dapat memahami, dan menjelaskan secara kritis dan objektif tentang latar belakang dan tujuan pembelajaran PKn di PT, nilai –nilai Pancasila sebagai orientasi PKn agar menjadi pedoman berkarya lulusan PT

  1. Mengkaji dan mendiskusikan latar belakang dan tujuan pembelajaran PKn di PT
  2. Mengkaji dan mendiskusikan nilai –nilai  Pancasila sebagai orientasi (core value ) PKn
    1. Latar belakang dan tujuan pembelajaran PKn di PT
    2. Nilai –nilai  Pancasila sebagai orientasi (core value ) PKn

2X50 menit

 

Laptop, LCD proyektor, power point, papan tulis/

White Board

 

Tim Dosen PKn UNLA, Diktat Pendidikan Kewarganegaraan 2015

dan buku Pendidikan Kewarganegaraan sebagai penunjang lainnya

Presensi/

Absensi,  Partisipasi dan Diskusi kelas serta Kedisiplinan Mahasiswa, Presentasi dan Makalah, Perkataan sikap perbuatan dan watak diperkuliahan, Ujian Tengah Semester, Ujian akhir semester 

  1. Mendeskripsikan identitas nasional dan sejarah kelahiran faham nasionalisme Indonesia
  2. Memiliki karakter sebagai identitas kebangsaan

Mahasiswa dapat memahami, dan menjelaskan secara kritis dan objektif tentang identitas nasional dan sejarah kelahiran faham nasionalisme Indonesia, karakter sebagai identitas kebangsaan NRI

  1. Mengkaji dan mendiskusikan pengertian identitas nasional
  2. Mengkaji dan mendiskusikan sejarah kelahiran faham nasionalisme Indonesia
  3. Mengkaji dan mendiskusikan identitas nasional sebagai karakter bangsa Proses berbangsa dan bernegara
  4. Pengertian identitas nasional
    1. Sejarah kelahiran faham nasionalisme Indonesia
    2. Identitas nasional sebagai karakter bangsa Proses berbangsa dan bernegara

2X50 menit

 

Laptop, LCD proyektor, power point, papan tulis/

White Board

 

Tim Dosen PKn UNLA, Diktat Pendidikan Kewarganegaraan 2015

dan buku Pendidikan Kewarganegaraan sebagai penunjang lainnya

Presensi/

Absensi,  Partisipasi dan Diskusi kelas serta Kedisiplinan Mahasiswa, Presentasi dan Makalah, Perkataan sikap perbuatan dan watak diperkuliahan, Ujian Tengah Semester, Ujian akhir semester 

  1. Menjelaskan pengertian nilai, moral, prilaku dan watak
  2. Mendeskripsikan korelasinya Korelasi moral, prilaku dan watak/karakter
  3. Menganalisis karakter warganegara cerdas dan baik (smart and good citizen)
  4. Menganalisis permasalahan moral, prilaku dan watak/karakter di Indonesia dan solusi agar dapat diambil kebermaknaannya

Mahasiswa dapat memahami, dan menjelaskan secara kritis dan objektif tentang pengertian nilai, moral, prilaku dan watak, korelasinya Korelasi moral, prilaku dan watak/karakter, Karakter warganegara cerdas dan baik (smart and good citizen), dan analisisnya tentang permasalahan di Indonesia dengan mencari solusi agar dapat diambil kebermaknaannya

  1. Mengkaji dan mendiskusikan nilai, moral, prilaku dan watak/

karakter

  1. Mengkaji dan mendiskusikan korelasi moral, prilaku dan watak/

karakter

  1. Mengkaji dan mendiskusikan implementasi nilai moral prilaku dan watakdalam kehidupan di Indonesia
  2. Mengkaji dan mendiskusikan kebermaknaan arti nilai, moral, prilaku, watak para tokoh/pahlawan
  3. Mengkaji dan mendiskusikan karakter warganegara cerdas dan baik (smart and good citizen)
  4. Nilai, moral, prilaku dan watak/karakter
    1. Korelasi moral, prilaku dan watak/karakter
    2. Implementasi nilai moral prilaku dan watakdalam kehidupan di Indonesia
    3. Kebermaknaan arti nilai, moral, prilaku, watak para tokoh/

pahlawan

  1. Karakter warganegara cerdas dan baik (smart and good citizen)

2X50 menit

 

Laptop, LCD proyektor, power point, papan tulis/

White Board

 

Tim Dosen PKn UNLA, Diktat Pendidikan Kewarganegaraan 2015

dan buku Pendidikan Kewarganegaraan sebagai penunjang lainnya

 

Presensi/

Absensi,  Partisipasi dan Diskusi kelas serta Kedisiplinan Mahasiswa, Presentasi dan Makalah, Perkataan sikap perbuatan dan watak diperkuliahan, Ujian Tengah Semester, Ujian akhir semester 

  1. Mengemukakan pentingnya konstitusi bagi negara
  2. Menerima secara kritis UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia
  3. Menampilkan perilaku konstitusional dalam hidup Bernegara untuk membentuk negara yang aman, adil dan sejahtera

Mahasiswa dapat memahami, dan menjelaskan secara kritis dan objektif tentang pentingnya konstitusi bagi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia, perilaku konstitusional dalam hidup Bernegara untuk membentuk negara yang aman, adil dan sejahtera

  1. Mengkaji dan mendiskusikan pentingnya konstitusi bagi negara
  2. Mengkaji dan mendiskusikan UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia
  3. Mengkaji dan mendiskusikan perilaku konstitusional
    1. Pentingnya konstitusi bagi negara
    2. UUD 1945 sebagai konstitusi negara Indonesia
    3. Perilaku konstitusional

2X50 menit

 

Laptop, LCD proyektor, power point, papan tulis/

White Board

 

Tim Dosen PKn UNLA, Diktat Pendidikan Kewarganegaraan 2015

dan buku Pendidikan Kewarganegaraan sebagai penunjang lainnya

 

Presensi/

Absensi,  Partisipasi dan Diskusi kelas serta Kedisiplinan Mahasiswa, Presentasi dan Makalah, Perkataan sikap perbuatan dan watak diperkuliahan, Ujian Tengah Semester, Ujian akhir semester 

  1. Menganalisis hubungan negara dan warga negara
  2. Menilai pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara
  3. Melaksanakan hak dan kewajiban warga negara secara seimbang

Mahasiswa dapat memahami, dan menjelaskan secara kritis dan objektif tentang hubungan negara dan warga negara, pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara, hak dan kewajiban warga negara secara seimbang untuk menjadikan warganegar yang berprikkemanusiaan yang adil dan beradab

  1. Mengkaji dan mendiskusikan pengertian hak dan kewajiban warga negara
  2. Mengkaji dan mendiskusikan konsep hak dan kewajiban warga negara dalam UUD 1945
  3. Mengkaji dan mendiskusikan konsep hubungan bangsa, negara, dan warga negara (status, asas, syarat kewarganegaraan)
    1. Pengertian hak dan kewajiban warga negara
    2. Konsep hak dan kewajiban warga negara dalam UUD 1945
    3. Konsep hubungan bangsa, negara, dan warga negara (status, asas, syarat kewarganegaraan)

2X50 menit

 

Laptop, LCD proyektor, power point, papan tulis/

White Board

 

Tim Dosen PKn UNLA, Diktat Pendidikan Kewarganegaraan 2015

dan buku Pendidikan Kewarganegaraan sebagai penunjang lainnya

 

Presensi/

Absensi,  Partisipasi dan Diskusi kelas serta Kedisiplinan Mahasiswa, Presentasi dan Makalah, Perkataan sikap perbuatan dan watak diperkuliahan, Ujian Tengah Semester, Ujian akhir semester 

  1. Menganalisis makna demokrasi dan prinsip-prinsipnya
  2. Mengemukakan hakekat demokrasi Indonesia (demokrasi Pancasila)
  3. Menilai pelaksanaan demokrasi di Indonesia
  4. Mendukung pendidikan demokrasi di perguruan tinggi

Mahasiswa dapat memahami, dan menjelaskan secara kritis dan objektif tentang makna demokrasi dan prinsip-prinsipnya, hakekat demokrasi Indonesia (demokrasi Pancasila), pelaksanaan demokrasi di Indonesia, pendidikan demokrasi di Perguruan Tinggi agar demokrasi berjalan dalam kejujuran dan penuh responsibility

 

 

  1. Mengkaji dan mendiskusikan makna demokrasi dan prinsip-prinsipnya demokrasi Indonesia (demokrasi Pancasila)
  2. Mengkaji dan mendiskusikan pelaksanaan demokrasi di Indonesia
  3. Mengkaji dan mendiskusikan pendidikan demokrasi
  4. Mengkaji dan mendiskusikan beberapa the best leader daerah-daerah di Indonesia
    1. Makna demokrasi dan prinsip-prinsipnya demokrasi Indonesia (demokrasi Pancasila)
    2. Pelaksanaan demokrasi di Indonesia
    3. Pendidikan demokrasi
    4. Beberapa the best leader daerah-daerah di Indonesia

2X50 menit

 

Laptop, LCD proyektor, power point, papan tulis/

White Board

 

Tim Dosen PKn UNLA, Diktat Pendidikan Kewarganegaraan 2015

dan buku Pendidikan Kewarganegaraan sebagai penunjang lainnya

 

Presensi/

Absensi,  Partisipasi dan Diskusi kelas serta Kedisiplinan Mahasiswa, Presentasi dan Makalah, Perkataan sikap perbuatan dan watak diperkuliahan, Ujian Tengah Semester, Ujian akhir semester 

  1. Menguraikan makna Indonesia sebagai negara hukum
  2. Mendeskripsikan hubungan negara hukum dengan HAM
  3. Menerapkan prinsip negara hukum dalam kehidupannya sebagai warga negara
  4. Mendukung penegakkan HAM di Indonesia

Mahasiswa dapat memahami, dan menjelaskan secara kritis dan objektif tentang makna Indonesia sebagai negara hukum, hubungan negara hukum dengan HAM, prinsip negara hukum dalam kehidupannya sebagai warga negara, penegakkan HAM di Indonesia agar dapat membantu menegakan hukum di Indonesia

  1. Mengkaji dan mendiskusikan makna Indonesia sebagai negara hukum dan prinsip-prinsipnya
  2. Mengkaji dan mendiskusikan hubungan negara hukum dengan HAM
  3. Mengkaji dan mendiskusikan penegakan HAM di Indonesia
    1. Makna Indonesia sebagai negara hukum dan prinsip-prinsipnya
    2. Hubungan negara hukum dengan HAM
    3. Penegakan HAM di Indonesia

2X50 menit

 

Laptop, LCD proyektor, power point, papan tulis/

White Board

 

Tim Dosen PKn UNLA, Diktat Pendidikan Kewarganegaraan 2015

dan buku Pendidikan Kewarganegaraan sebagai penunjang lainnya

 

Presensi/

Absensi,  Partisipasi dan Diskusi kelas serta Kedisiplinan Mahasiswa, Presentasi dan Makalah, Perkataan sikap perbuatan dan watak diperkuliahan, Ujian Tengah Semester, Ujian akhir semester 

  1. Menjelaskan pentingnya wilayah sebagai ruang hidup bangsa
  2. Menjelaskan konsepsi wawasan nusantara sebagai pandangan geopolitik bangsa Indonesia
  3. Memberi contoh implementasi wawasan nusantara di era global untuk menumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi pada negara

Mahasiswa dapat memahami, dan menjelaskan secara kritis dan objektif tentang pentingnya wilayah sebagai ruang hidup bangsa, konsepsi wawasan nusantara sebagai pandangan geopolitik bangsa Indonesia, contoh implementasi wawasan nusantara di era global untuk menumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi pada negara

  1. Mengkaji dan mendiskusikan konsepsi Geopolitik
  2. Mengkaji dan mendiskusikan teori-teori geopolitik negara besar
  3. Mengkaji dan mendiskusikan wawasan nusantara (geopolitik Indonesia)
  4. Mengkaji dan mendiskusikan implementasi Wawasan nusantara di era global
    1. Konsepsi Geopolitik
    2. Teori-teori geopolitik negara besar
    3. Wawasan nusantara (geopolitik Indonesia)
    4. Implementasi Wawasan nusantara di era global

2X50 menit

 

Laptop, LCD proyektor, power point, papan tulis/

White Board

 

Tim Dosen PKn UNLA, Diktat Pendidikan Kewarganegaraan 2015

dan buku Pendidikan Kewarganegaraan sebagai penunjang lainnya

 

Presensi/

Absensi,  Partisipasi dan Diskusi kelas serta Kedisiplinan Mahasiswa, Presentasi dan Makalah, Perkataan sikap perbuatan dan watak diperkuliahan, Ujian Tengah Semester, Ujian akhir semester 

  1. Mengemukakan unsur-unsur ketahanan nasional Indonesia
  2. Menerapkan pendekatan astagatra dalam pemecahan masalah
  3. Menganalisis potensi ancaman bagi ketahanan bangsa di era global

Mahasiswa dapat memahami, dan menjelaskan secara kritis dan objektif tentang unsur-unsur ketahanan nasional Indonesia, pendekatan astagatra dalam pemecahan masalah, potensi ancaman bagi ketahanan bangsa di era global agar dapat meminimalisir pengaruh negatif dari globalisasi

  1. Mengkaji dan mendiskusikan unsur-unsur ketahanan nasional Indonesia
  2. Mengkaji dan mendiskusikan pendekatan astagatra dalam pemecahan masalah
  3. Mengkaji dan mendiskusikan potensi ancaman bagi ketahanan bangsa di era global
    1. Unsur-unsur ketahanan nasional Indonesia
    2. Pendekatan astagatra dalam pemecahan masalah
    3. Potensi ancaman bagi ketahanan bangsa di era global

2X50 menit

 

Laptop, LCD proyektor, power point, papan tulis/

White Board

 

Tim Dosen PKn UNLA, Diktat Pendidikan Kewarganegaraan 2015

dan buku Pendidikan Kewarganegaraan sebagai penunjang lainnya

 

Presensi/

Absensi,  Partisipasi dan Diskusi kelas serta Kedisiplinan Mahasiswa, Presentasi dan Makalah, Perkataan sikap perbuatan dan watak diperkuliahan, Ujian Tengah Semester, Ujian akhir semester 

Mahasiswa dapat

mempresentasikan dan

mendiskusikan hasil

penyusunan makalah

kelompok berkaitan

dengan tema dan materi

kuliah yang telah

diberikan.

Mahasiswa dapat

mempresentasikan dan

mendiskusikan hasil

penyusunan makalah

kelompok berkaitan

dengan tema dan materi

kuliah yang telah

diberikan.

  1. Mengkaji dan mendiskusikan presentasi Hasil Makalah Kelompok
  2. Mengkaji dan mendiskusikan diskusi
  3. Mengkaji dan mendiskusikan evaluasi diskusi dan penilaian

 

  1. Presentasi Hasil Makalah Kelompok
  2. Diskusi
  3. Evaluasi diskusi dan penilaian
  4. UTS

 

2X50 menit

 

Laptop, LCD proyektor, power point, papan tulis/

White Board

 

Tim Dosen PKn UNLA, Diktat Pendidikan Kewarganegaraan 2015

dan buku Pendidikan Kewarganegaraan sebagai penunjang lainnya

Presensi/

Absensi,  Partisipasi dan Diskusi kelas serta Kedisiplinan Mahasiswa, Presentasi dan Makalah, Perkataan sikap perbuatan dan watak diperkuliahan, Ujian Tengah Semester, Ujian akhir semester 

  1. Mengemukakan pentingnya integrasi dalam masyarakat Indonesia yang plural
  2. Memilih strategi integrasi yang tepat untuk masyarakat Indonesia
  3. Mendukung integrasi di Indonesia melalui semboyan Bhinneka Tunggal Ika

Mahasiswa dapat memahami, dan menjelaskan secara kritis dan objektif tentang pentingnya integrasi dalam masyarakat Indonesia yang plural, strategi integrasi yang tepat untuk masyarakat Indonesia, integrasi di Indonesia melalui semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam satu persatuan yang kokoh

  1. Mengkaji dan mendiskusikan pluralitas masyarakat Indonesia
  2. Mengkaji dan mendiskusikan strategi integrasi (asimilasi, akulturasi, pluralisme,)
  3. Mengkaji dan mendiskusikan strategi integrasi Indonesia (Bhinneka Tunggal Ika )
    1. Pluralitas masyarakat Indonesia
    2. Strategi integrasi (asimilasi, akulturasi, pluralisme)
    3. Strategi integrasi Indonesia (Bhinneka Tunggal Ika )

2X50 menit

 

Laptop, LCD proyektor, power point, papan tulis/

White Board

 

Tim Dosen PKn UNLA, Diktat Pendidikan Kewarganegaraan 2015

dan buku Pendidikan Kewarganegaraan sebagai penunjang lainnya

 

Presensi/

Absensi,  Partisipasi dan Diskusi kelas serta Kedisiplinan Mahasiswa, Presentasi dan Makalah, Perkataan sikap perbuatan dan watak diperkuliahan, Ujian Tengah Semester, Ujian akhir semester 

  1. Menjelaskan karakteristik sistem pemerintahan
  2. Mendeskripsikan sistem pemerintahan parlementer dan presidensial
  3. sistem pemerintahan dan indonesia otonomi daerah 
  4. Menganalisis hak dan kewajiban daerah otonom dalam otonomi daerah

Mahasiswa dapat memahami, dan menjelaskan secara kritis dan objektif tentang karakteristik sistem pemerintahan, sistem pemerintahan parlementer dan presidensial, sistem pemerintahan dan indonesia otonomi daerah,  pengertian otonomi daerah,  hubungan kewenangan pusat dan daerah,  pembagian urusan pemerintahan,  hak dan kewajiban daerah otonom dalam otonomi daerah, hingga dapat menganalisis permasalahan dan solusi otonomi daerah di indonesia serta menganalisis permasalahan dan solusi sistem pemerintahan negara Indonesia agar terciptanya kekuatan sistem yang baik dan berkerakyatan.

  1. Mengkaji dan mendiskusikan karakteristik Sistem Pemerintahan  
  2. Mengkaji dan mendiskusikan sistem Pemerintahan Parlementer dan Presidensial
  3. Mengkaji dan mendiskusikan sistem Pemerintahan dan Indonesia Otonomi Daerah
  4. Mengkaji dan mendiskusikan pengertian Otonomi Daerah
  5. Mengkaji dan mendiskusikan hubungan Kewenangan Pusat dan Daerah
  6. Mengkaji dan mendiskusikan pembagian Urusan Pemerintahan
  7. Mengkaji dan mendiskusikan hak dan Kewajiban Daerah Otonom dalam Otonomi Daerah
  8. Mengkaji dan mendiskusikan beberapa the best leader daerah-daerah di Indonesia

 

 

  1. Karakteristik Sistem Pemerintahan  
  2. Sistem Pemerintahan Parlementer dan Presidensial
  3. Sistem Pemerintahan dan Indonesia Otonomi Daerah
  4. Pengertian Otonomi Daerah
  5. Hubungan Kewenangan Pusat dan Daerah
  6. Pembagian Urusan Pemerintahan
  7. Hak dan Kewajiban Daerah Otonom dalam Otonomi Daerah
  8. Beberapa the best leader daerah-daerah di Indonesia

2X50 menit

 

Laptop, LCD proyektor, power point, papan tulis/

White Board

 

Tim Dosen PKn UNLA, Diktat Pendidikan Kewarganegaraan 2015

dan buku Pendidikan Kewarganegaraan sebagai penunjang lainnya

 

Presensi/

Absensi,  Partisipasi dan Diskusi kelas serta Kedisiplinan Mahasiswa, Presentasi dan Makalah, Perkataan sikap perbuatan dan watak diperkuliahan, Ujian Tengah Semester, Ujian akhir semester 

  1. Menjelaskan Pancasila sebagai idiologi dan dasar negara
  2. Mendeskripsikan UUD NRI 1945 sebagai kontitusi negara
  3. Mendeskripsikan NKRI sebagai bentuk negara
  4. Menganalisis Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara dan  Merah Putih sebagai bendera pusaka negara
  5. Menganalisis makna Sumpah pemuda sebagai perekat persatuan negara
  6. Membangun visi dan misi negara Indonesia tahun 2015 dan 2025 menuju negara unggul

Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan tentang Pancasila sebagai idiologi dan dasar negara, UUD NRI 1945 sebagai kontitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara, Merah Putih sebagai bendera pusaka negara, makna Sumpah pemuda sebagai perekat persatuan negara, yang akhirnya dapat membangun visi dan misi negara Indonesia tahun 2015 dan 2025 menuju negara unggul

  1. Mengkaji dan mendiskusikan Pancasila sebagai idiologi dan dasar negara
  2. Mengkaji dan mendiskusikan UUD NRI 1945 sebagai kontitusi negara
  3. Mengkaji dan mendiskusikan NKRI sebagai bentuk negara
  4. Mengkaji dan mendiskusikan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara
  5. Mengkaji dan mendiskusikan Merah Putih sebagai bendera pusaka negara
  6. Mengkaji dan mendiskusikan makna Sumpah pemuda sebagai perekat persatuan
  7. Mengkaji dan mendiskusikan Visi dan Misi negara Indonesia tahun 2025 dan 2050
    1. Pancasila sebagai idiologi dan dasar negara
    2. UUD NRI 1945 sebagai kontitusi negara
    3. NKRI sebagai bentuk negara
    4. Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara
    5. Merah Putih sebagai bendera pusaka negara
    6. Makna Sumpah pemuda sebagai perekat persatuan negara
    7. Visi dan Misi negara Indonesia tahun 2025 dan 2050

2X50 menit

 

Laptop, LCD proyektor, power point, papan tulis/

White Board

 

Tim Dosen PKn UNLA, Diktat Pendidikan Kewarganegaraan 2015

dan buku Pendidikan Kewarganegaraan sebagai penunjang lainnya

 

Presensi/

Absensi,  Partisipasi dan Diskusi kelas serta Kedisiplinan Mahasiswa, Presentasi dan Makalah, Perkataan sikap perbuatan dan watak diperkuliahan, Ujian Tengah Semester, Ujian akhir semester 

Mahasiswa dapat

mempresentasikan dan

mendiskusikan hasil

penyusunan makalah

kelompok berkaitan

dengan tema dan materi

kuliah yang telah

diberikan

Mahasiswa dapat

mempresentasikan dan

mendiskusikan hasil

penyusunan makalah

kelompok berkaitan

dengan tema dan materi

kuliah yang telah

diberikan

  1. Presentasi Hasil Makalah Kelompok
  2. Diskusi
  3. Evaluasi diskusi dan penilaian

 

  1. Presentasi Hasil Makalah Kelompok
  2. Diskusi
  3. Evaluasi diskusi dan penilaian
  4. UAS

 

2X50 menit

 

Laptop, LCD proyektor, power point, papan tulis/

White Board

 

Tim Dosen PKn UNLA, Diktat Pendidikan Kewarganegaraan 2015

dan buku Pendidikan Kewarganegaraan sebagai penunjang lainnya

 

Presensi/

Absensi,  Partisipasi dan Diskusi kelas serta Kedisiplinan Mahasiswa, Presentasi dan Makalah, Perkataan sikap perbuatan dan watak diperkuliahan, Ujian Tengah Semester, Ujian akhir semester