Matakuliah ini bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa sebagai lulusan perguruan tinggi dengan pemahaman dan keterampilan berbahasa Arab yang memadai. Adapun materi kuliah ini meliputi: Maharoh Kitabah / Kaidah Bahasa Arab (Kemampuan Menulis) dan Maharoh Qiro`ah (kemampuan Membaca). Selain itu, mahasiswa juga diharapkan memahami dalam fahm al-masmu’ (mendengar), fahm al-qira’ah (membaca), muhadasah (bercakap-cakap), al-kitabah (menulis)

Etika dan filsafat komunikasi adalah mata kuliah yang mempelajari etika dan filsafat komunikasi secara mendalam, sehingga mampu melihat ilmu komunikasi secara utuh dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Etika dan Filsafat Komunikasi .pdfEtika dan Filsafat Komunikasi .pdf

Mata kuliah ini memaparkan/menjelaskan tentang proses dan hasil komunikasi antar manusia ( human communication) berdasarkan perspektif psikologi. Secara spesifik materi-materi yang diberikan memfokuskan tentang karakteristik-karakteristik komponen-komponen komunikasi , yaitu: komunikator, pesan, media, komunikan yang memengaruhi efektivitas dan efesiensi proses dan hasil komunikasi. Bidang komunikasi yang menjadi objek kajian psikologi adalah bentuk-bentuk komunikasi antar manusia pada umumnya, seperti komunikasi antarpribadi, kelompok dan massa untuk berbagai kepentingan komunikasi penyiaran (broadcasting), kehumasan ( public relations) dan pemasaran (marketing communication) pada umumnya termasuk untuk kepentingan bimbingan dan penyuluhan (guidance dan counseling).

Perspektif psikologi tentang komunikasi, menempatkan faktor-faktor komunikator dan komunikan dalam situasi informasional  (informational environment) yang mencakup terpaan berbagai stimulus selama berlangsungnya proses komunikasi.

Dengan demikian, dari sudut pandang psikologi,bahwa yang menjadi “locus proses komunikasi” (the locus of communication) adalah “conceptual filters” yaitu berbagai peristiwa mental seperti: sensasi, persepsi, motivasi,kognisi, afeksi, dan memori. Keyakinan termasuk sikap dan perilaku individual yang secara masing-masing atau keseluruhan turut memengaruhi selain bentuk dan makna pesan atau informasi yang dimaksudkan, disampaikan, dan diinterpretasikan juga bagaimana pesan informasi tersebut diproses.

RPS Psikologi Komunikasi .pdfRPS Psikologi Komunikasi .pdf

mahasiswa dapat memahami dan memiliki wawasan yang menyeluruh dan integral tentang ilmu dakwah, juga dapat mengembangkannya dalam setiap aktivitas dakwah guna merespon berbagai persoalan aktual dan kontemporer dalam kehidupan umat