Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini akan membahas perkembangan dan permasalahan serta solusi pendidikan.  Pembahasan dilakukan melalui analisis dan kajian fenomena pendidikan yang berkembang dan langkah strategis dalam memberikan solusi terhadap perkembangan pendidikan.  Diakhir perkuliahan mahasiswa memiliki kemampuan; memahami etika dan profesi kependidikan, konsep pendidikan karakter dan implementasinya pada pembelajaran jarak jauh (PJJ), penerapan keterampilan abad 21 pada proses pembelajaran, penerapan merdeka belajar dan pengembangannya pada kurikulum, keterampilan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) dalam proses pembelajaran, implementasi pendidikan inklusi di sekolah.


Deskripsi Mata Kuliah KSP.docxDeskripsi Mata Kuliah KSP.docx

Mata kuliah ini membahas secara konseptual dan teknis proses pengembangan inovasi dalam bidang pendidikan dan pembelajaran yang harus disebarluaskan secara tepat, efektif, dan efisien. Strategi dan metode difusi perlu dikembangkan melalui adopsi, adaptasi, dan implementasi inovasi yang telah dikembangkan. Dalam pelaksanaanya tentu terdapat faktor yang menghambat dan mendukung keberhasilan program difusi inovasi. Berbagai karakteristik inovasi dan model pengambilan keputusan, pengelompokkan adopter, peran agent of change dan opinion leader penting untuk dicermati dalam proses diseminasi inovasi. Maka perlu kejelasan konsep dan produk inovasi pendidikan dan pembelajaran yang dibutuhkan untuk menjawab permasalahan pendidikan dan pembelajaran. Perlu dikembangkan dan ditemukenali faktor yang mempengaruhi implementasi serta peranan kolaborasi dalam menyebarluaskan inovasi pendidikan dan pembelajaran agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan baik kepada perseorangan, kelompok, atau organisasi, serta masyarakat luas

Difusi Inovasi Pendidikan.pdfDifusi Inovasi Pendidikan.pdf

Mata Kuliah Teknologi Kinerja Manusia atau Human Performance Technology  adalah kajian baru dari Kajian Teknologi Pendidikan sesuai dengan definisi Teknologi Pendidikan dari AECT tahun 2012. AECT mendefinisikan bahwa "Educational technology is the study and ethical practice of facilitating learning and improving performance
by creating, using, and managing appropriate technological processes and resources
. Peran dan fungsi Teknologi Pendidikan terdiri atas 2 aspek penting yaitu (1) fasilitasi pembelajaran dan (2) peningkatan kinerja. UPaya peningkatan kinerja dilakukan dengan melakukan intervensi atau perlakuan baik yang bersifat instruksional maupun noninstruksional. Bagaimana para teknolog pendidikan dapat meningkatkan kinerja melalui analisis kebutuhan pelatihan dan peningkaktan kinerja melalui pelatihan dan penciptaan budaya organisasi pembelajar (learning organization). Upaya peningkatan kinerja dilakukan baik secara individu, kelompok maupun organisasi. Melalui TKM ini diharapkan dunai pendidikan tidak hanya mengembangkan kompetensi sebagai ouput tetapi juga kinerja sebagai outcome.     
  

Silabus MK Teknologi Kinerja Manusia_CRD.pdfSilabus MK Teknologi Kinerja Manusia_CRD.pdf

MATA KULIAH INI ADALA PENGEMBANGAN MEDIA DAN SUMBER BELAJAR

KONTRAK KULIAH  PMPSB-1.docxKONTRAK KULIAH PMPSB-1.docx

Mata kuliah Manajemen Sistem Pembelajaran ini secara umum bertujuan agar mahasiswa program S-2 TP mampu mengembangkan proses pengelolaan yang meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengevaluasian kegiatan yang berkaitan dengan proses belajar mengajar guna mencapai tujuan. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi kebutuhan proses pembelajaran dan merumuskan tujuan pembelajaran, melakukan analisis instruksional, mengidentifikasi perilaku awal peserta didik, merumuskan tujuan pembelajaran khusus (objectives), mengembangkan alat penilaian, mengembangkan strategi instruksional, mengembangkan bahan instruksional (bahan ajar), mendesain dan melaksanakan evaluasi dan supervisi dalam sistem pembelajaran. Untuk memfasilitasi belajar mahasiswa mencapai tujuan tersebut, bahan kajian atau materi yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi: Konsep Manajemen Sistem Pembelajaran, Pendekatan Sistem Pembelajaran, Fungsi-Fungsi Manajemen Sistem Pembelajaran, Manejemen Sistem Metodologi Pembelajaran, Model Sistem manajemen Pembelajaran, Perencanaan Sistem pembelajaran, Pengorganisasian Sistem pembelajaran, Pengembangan Kompetensi Guru  dalam Pembelajaran, Menejemen Sistem Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran, Pengembangan Media dan Sumber Belajar, Manajemen Sistem Pengembangan Kurikulum, Manajemen Sistem Supervisi Pembelajaran dan Sistem Evaluasi/Penilaian Pembelajaran


SILABUS Manajemen Sistem Pembelajaran.pdfSILABUS Manajemen Sistem Pembelajaran.pdf